bawang merah vs bawang putih

Bawang putih bawang merah, istilah tersebut mungkin kita selama ini sudah sering mendengarnya, putih yang melambangkan baik dan merah melambangkan buruk atau jelek. Bawang putih merupakan jenis tumbuhan yang umumnya dimanfaatkan sebagai bumbu dalam masakan, dan sudah dikenal sejak bertahun-tahun silam.
Khasiat dan manfaat bawang putih selain untuk masakan adalah sebagai kesehatan karena diyakini mampu mengobati berbagai jenis penyakit, diantaranya mampu menurunkan gula darah pada penderita diabetes, menurunkan tekanan darah tinggi, menambah sistem kekebalan tubuh, anti serangan kangker, obat ganguan pencernaan. Selain dari itu bawang putih juga mampu mencegah atherosklerosis dan penyakit jantung.
bawang merah bawang putih
Gambar ilustrasi bawang merah bawang putih
Beberapa study menemukan bahwa bawang putih dapat menurunkan tingkat serum kolestrol dan meningkatkan HDL kolestrol (jenis kolestrol tekanan darah). Jika dikonsumsi bersama seledri, dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah, obat cacingan dan gondok. Selain dari itu minyak bawang putih yang disuntikan melalui dubur dapat digunakan untuk pencuci perut.
Contoh dari pengunaan bawang putih, siapkan 20 gram bawang putih, kemudian cuci sampai bersih dan diblender. Jus bawang putih diminum satu sendok makan, dua kali pada pagi dan malam hari.
Sedangkan bawang merah juga tidak mau kalah dengan bawang putih, bawang merah juga bagus untuk kesehatan diantaranya menurunkan aktivitas gula darah, menurunkan kolestrol, menyembuhkan asma, melemahkan sel tumor dan menyembuhkan leukimia.
Sedangkan untuk contoh pengunaanya sama dengan bawang putih, emang bawang merah dan bawang putih selalu sehati, dimana ada bawang merah selalu ada bawang putih, semoga bermanfaat