Manfaat jambu monyet

Manfaat jambu monyetManfaat jambu monyet -Jambu monyet (Anarcardium Occidentale, Linn) Adalah termasuk jenis tanaman buah dari keluarga Anacardiaceae, Jambu monyet merupakan jenis tanaman yang berdaun lembaga, atau disebut dengan dikotil. Jambu monyet memiliki batang pohon yang tidak rata serta memiliki warna coklat tua, daun bertangkai pendek dan berbentuk lonjong (bulat telur) dengan tepian berlekuk-lekuk dan guratan daunnya terlihat dengan jelas.
Bunga jambu monyet berwarna putih, berbuah yang membesar, berdaging lunak, berair dan berwarna kuning kemerahan. Jambo monyet juga memiliki nama lain, yaitu jambu mente
Jambu monyet merupakan jenis buahan yang kaya akan manfaat, buahnya dapat kita konsumsi langsung ataun juga dapat dibuat rujak, bijinya dapat dibuat kerupuk, pucuk daunnya biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai lalapan.
Selain dari itu semua manfaat jambu monyet yang lainnya juga sangat banyak khususnya dibidang kesehatan. Ini karena khasiat jambu monyet diyakini mampu untuk mengobati berbagai jenis penyakit yang sedang kita derita. Berikut ini adalah beberapa manfaaat jambu monyet untuk mengobati penyakit dan cara mengolahnya:
  1. Obat tradisional diabetes Melitus
  2. Ambil adas polawaras secukupnya dan kulit jambu monyet 2 potong, rebus secara bersamaan kedua bahan tersebut dengan 2 liter air sampai mendidih. Saring ambil airnya minum dua kali sehari pagi dan sore.
  3. Obat tradisional disentri
  4. Ambil 1 genggam daun dan 1 potong kulit batang kayu jambu monyet. Rebus dengan 1 1/2 liter air sampai mendidih. Saring ambil airnya. Minum air ramuan tersebut dua kali sehari pagi dan sore.
Demikianlah pembahasan Dongeng nyata kali ini tentang manfaat jambu monyet untuk kesehatan, salah satu jenis buah-buahan yang kaya akan manfaat. semoga pembahasan kali ini tentang jambu monyet akan manambah pengetahuan kita akan tumbuhan yang bermanfaat untuk kesehatan.