Manfaat daun iler

Manfaat daun iler - Iler merupakan salah satu jenis tumbuhan merayap dengan tinggi pohonnya berkisar 30 - 150 cm. dengan batang pohonnya berbentuk persegi empat.
Iler termasuk jenis tumbuhan basah dengan batang yang mudah patah, daun iler berbentuk seperti hati dan disetiap tepinya dihiasi oleh jorong atau lekuk-lekuk tipis yang bersambungan.
Tanaman iler adalah tanaman herbal, manfaat daun iler dibidang kesehatan sungguh banyak sekali, khasiat daun iler juga sangat banyak sekali, sebelum anda membaca manfaat daun iler lebih lanjut lagi alangkah baiknya juga anda membaca pembahasan yang sebelumnya tentang manfaat belimbing wuluh yang juga kaya akan manfaat. berikut ini adalah beberapa manfaat daun iler untuk kesehatan, yaitu :
  1. Bisul
  2. Ambil daun iler secukupnya, olesi permukaannya dengan minyak kelapa kemudian pangang, dalam keadaan hangat tempelkan pada bagian tubuh yang mengalami bisul.
  3. Datang bulan terlambat
  4. Ambil daun iler secukupnya, kemudian rebus dengan dua gelas air sampai mendidih dan airnya berkurang menjadi 1 gelas minum menjelang datang bulan.
  5. Diabetes melitus
  6. Ambil tumbuhan iler (daun, batang dan bunga) adas polawaras secukupnya, seluruh bahan ramuan tersebut rebus dengan 1 liter air sampai mendidih, minum air ramuan tersebut dua kali sehari (pagi dan sore) dengan dosis setengah gelas sekali minum
  7. Sakit perut
  8. Ambil tiga potong akar iler cuci sampai bersih kemudian rebus dengan dua gelas air sampai mendidih hingga airnya berkurang menjadi satu gelas. minum pagi dan sore.
Demikianlah  pembahasan kumpulan kisah nyata kali ini tentanga beberapa manfaat daun iler untuk kesehatan, semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kita akan tumbuhan yang bermanfaat untuk kesehatan.