Manfaat bunga kamboja

Manfaat bunga kamboja

Ilustrasi bunga kamboja
Bunga kamboja merupakan salah satu jenis bunga yang biasanya banyak ditanam dimakam-makam, mempunyai bunga yang harum, dan indah ternyata memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan kandungan zat dan vitamin yang terdapat didalamnya diyakini mampu menyembuhkan penyakit, inilah yang menyebabkan bunga kamboja kini menjadi salah satu jenis tanaman herbal yang sangat banyak dicari
Manfaat bunga kamboja sangat banyak sekali, dan berikut ini adalah beberapa manfaat bunga kamboja yang dapat kita ambil :
  1. Teh bunga kemboja
      Bunga kamboja yang diseduh bersama teh atau tanpa teh dipercaya bermanfaat memberikan efek adem, sejuk dan baik bagi pencernaan. Sehingga teh bunga kamboja ini sangat baik dikonsumsi secara rutin bagi seseorang yang ingin sehat secara alami.
  2. Pelengkap sayuran
      Bunga kamboja segar yang dimasak sebagai pelengkap sayuran memberikan cita rasa sedap, memberikan efek terapi dan bermanfaat bagi kesehatan.
  3. Sebagai Antibiotik
      Karena bersifat racun dan bisa mematikan kuman, getah kamboja dengan dosis yang tepat dapat dimanfaatkan sebagai antibiotik. Dalam getah kemboja terkandung alkaloid, tanin, flavonoid dan tripterpenoid, tapi yang terdeteksi pada ekstrak getah hanya triterpenoid pentasiklik.
  4. Mengobati bisul
      Daun bunga kamboja bisa dimanfaatkan sebagai obat bisul. Cara pemakaian; daun kamboja yang masih muda dan segar dipanaskan diatas api sampai layu, kemudian olesi dengan sedikit minyak zaitun. Selanjutnya daun tersebut ditempelkan pada bisul selagi masih panas. Ulangi hingga bisul mengempes.
Demikianlah pembahasan kali ini tentang manfaat bunga kamboja, mudah-mudahan dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dibidang kesehatan misteri tentang khasiat bunga kamboja akan semakin terbuka. Amin