Tips Membaca berita

Dalam membaca berita banyak hal yang harus kita pahami sebelum kita membaca berita, diantaranya adalah tentang bahan berita yang akan kita baca, bila berita yang kita baca itu milik kita sendiri tentunya ini akan menjadi lebih mudah ketimbang kita membacakan berita milik orang lain, ini karena bila kita membaca berita milik orang lain kita dituntut untuk menguasai bahan berita yang kita baca, bila kita membaca berita yang kita sendiri tidak mengerti maksudnya tentu hasilnya akan kurang maksimal.
Berikut ini adalah beberapa tips membaca berita yang baik, yang dapat kita praktekkan sebelum kita mulai membaca berita, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Intonasi suara yang datar tidak memperlihatkan naik turunnya secara tepat, tentu akan membosankan para pendengar semua.
  2. Pengucapan/Aktualisasi huruf, kata hingga kalimat harus jelas, sesuai dengan ejaan yang disempurnakan.
  3. Volume atau lembut kerasnya suara harus jelas dan mantap, kita harus bisa melihat keadaan tempat dalam membaca berita, seperti :
    • Besar ruangan
    • Letak ruangan
    • Keadaan ruangan
    • Jenis pengeras suara
  4. Penekanan kata-kata harus jelas dan dapat membedakan terhadap kata-kata yang sedang kita baca, bila kata-katanya bahasa indonesia gunakan penekanan kata-kata bahasa indoensia, jangan mengunakan penekanan bahasa asing
  5. Kecepatan berbicara juga harus kita ukur, jangan terlalu cepat dan juga jangan terlalu lambat, karena bila terlalu lambat akan kedengaran seperti mengeja.
Bebepa tips membaca berita yang baik ini tentunya tidak akan berhasil bila kita tidak pernah belajar untuk mencobanya jadi, setelah kita memahami tentang teorinya langkah selanjutanya adalah mempraktekkannya.