Tips membeli buku yang baik

Tips membeli buku yang baik - Bagi sobat-sobat muda semua yang hobby membeli buku, alangkah baiknya sebelum membeli. Anda mengikuti tips membeli buku yang baik dibawah in:
tips membeli buku
Gambar ilustrasi buku
  1. Tentukan tema buku yang akan kamu beli.
  2. Walaupun yang akan kamu beli adalah buku ke-islaman, tetapi sangat banyak tema didalamnya. Seperti tema tentang aqidah, dakwah, tafsir qur'an, hadist, sirah nabawiyah, politik, ibadah, pendidikan keluarga dan lain-lain. Diharapkan dengan mengetahui dan memahami tema buku yang akan kamu beli, kamu tidak terjebak untuk membeli buku dengan tema yang sama, mungkin sudah kamu miliki dirumah.
  3. Belilah buku yang bergizi.
  4. Buku yang bergizi adalah buku yang didalamnya memuat gagasan-gagasan cemerlang yang mampu menggerakkan pikiran pembacanya. Mengilhami untuk berkarya, merangsang untuk melakukan perubahan-perubahan besar dan berarti bagi para pembaca.
  5. Kenali pengarangnya.
  6. Pengarang buku sangat penting karna menentukak kualitas tulisan dan muatan ilmu yang terkandung dalam buku. Sebaiknya kamu bisa membedakan mana pengarang yang benar-benar menguasai masalah, dan mana yang tidak. Pengarang yang baik adalah orang yang menguasai bidang pengetahuan yang diangkat dalam tulisannya.
  7. Perhatikan penerbitnya.
  8. Penerbit yang berpengalaman akan menyampaikan gagasan-gagasan pengarang/penulisnya dengan baik, artinya tidak hanya bahasa atau teks saja yang ditata, tapi juga tampilan buku itu.
  9. Dapatkan informasi dari penerbit.
  10. Kamu bisa meminta informasi dari penerbit, sebelum kamu membeli buku yang kamu inginkan. Informasi yang bisa kamu dapatkan dari penerbit antara lain, yang menyangkut judul buku, pengarang, harga, toko buku yang menjadi mitra penerbit, sistem pembayaran dan potongan harga yang diberikan. Kamu bisa bertanya lewat telpon atau via surat andai penerbit itu jauh dari rumah kamu.
  11. Miliki katalog.
  12. Alangkah baiknya jika kamu sendiri juga memiliki koleksi katalog dari para penerbit, katalog ini akan sangat berguna apabila suatu saat kamu membutuhkn suatu tema buku atau bermaksud membelina. Kamu bisa mencarinya lewat katalog yang kamu miliki.
  13. Perhatikan kualitas buku.
  14. Ada baiknya sebelum kamu membeli buku, kamu perhatikan dulu kualitas dari buku tersebut, baik menyangkut kualitas cetaknya, apakah cetakannya baik, dalam arti tidak tebal, tipis, tapi merata, sukur-sukur malah tidak ada halaman yang tidak tercetak, pastikan juga tidak ada halaman yang terbalik atau halaman yang lompat (tidak berurutan). Selanjutnya perhatikan kualitas bending atau pengelemannya, buku yang bagus biasanya dijilid dengan menggunakan lem khusus sehingga halaman-halaman buku tersebut tidak gampang lepas. Bagaimana desain dan tipografinya, apakah tampilan fisiknya enak dan nyaman dibaca.? Teks atau bahasa yang enak dan nyaman dibaca memudahkan pembaca untuk menyerapkan maknanya.
  15. Sering-seringlah berkunjung ketoko buku.
  16. Dengan sering berkunjung ketoko buku, kamu jadi lebih banyak tahu mengenai tema-tema buku, jenis-jenis buku best seller, atau buku buku terbaru sehingga apabila suatu saat kamu ingin membeli suatu buku yang kamu inginkan/butuhkan, kamu bisa langsung mengingatnya.
  17. Jadilah anggota klub pembaca buku.
  18. Dengan menjadi anggota klub buku pembaca buku dari suatu penerbit, kamu bisa mendapatkan informasi-informasi tentang buku-buku terbaru dari penerbit yang bersangkutan dalam bentuk kataog buku, brosur, news letter, juga informasi lainnya yang menyangkut kegiatan yang diadakan oleh para penerbit, misalnya acara kegiatan bedah buku, peluncuran buku baru, and so yang paling penting ketika kamu menjadi anggota klub pembaca buku kamu bisa mendapatkan potongan harga dari penerbit, seitap kali kamu membeli buku.
  19. Kunjungi pameran buku.
  20. Saat ini sudah banyak pameran buku yang diadakan. Baik itu diadakan oleh ikatan penerbit indonesia (IKAPI). Dengan datang kepameran kamu bisa membeli buku-buku yang kamu inginkan. Dan biasanya pada saat pameran, para penerbit atau distributor buku memberikan potongan harga atau diskon yang cukup besar. Dan pameran itu juga kamu bisa mendapatkan katalog buku, brosur, news letter dari para penerbit peserta pameran serta informasi-informasi lainnya yang berkaitan dengan dunia penerbitan buku.
  21. Bacalah buku yang kamu beli.
  22. Dan yang paling terakhir, bacalah buku yang kamu beli, agar bermanfaat buku yang kamu beli itu, dan tidak hanya menjadi tumpukan buku atau hanya sekadar kamu pajang dirak buku rumahmu tanpa pernah kamu membacanya. And so, bisa juga buku-buku yang kamu beli itu menjadi sumber referensi pendukung bahan tulisan kalau kamu suatu saat nanti ingin untuk menjadi seorang penulis.
Demikianlah pembahasan admin kumpulan kisah nyata kali ini tentang tips membeli buku yang baik, semoga bermafaat dan kunjungi serba serbi.net jika sahabat ingin mendapatkan informasi seputar masakan terbaru