Efek samping karang gigi

Efek samping karang gigi - Obat tradisional - Jangan remehkan karang di dalam mulut. Tak hanya menimbulkan bau mulut, karang gigi juga dapat mengganggu pernapasan dan pencernaan, serta menyebabkan mata cepat lelah dan leher maupun tengkuk pegal.

Demikian diungkapkan oleh drg. MI. Grace W. Susanto dalam bukunya Terapi Gusi untuk Kesehatan dan Kecantikan.

Dan jika Anda termasuk orang yang memiliki pH air liur yang tinggi (>7), atau bersifat basa, maka Anda perlu usaha lebih ekstra dalam menjaga kebersihan gigi karena Anda lebih mudah mengalami karang gigi. Ya, karang gigi timbul akibat pembentukan ‘garam’ yang disebabkan oleh bertemunya air liur yang bersifat basa dengan sisa-sisa makanan yang bersifat asam. Menurut drg. Mira, karang gigi biasanya diawali dengan proses penimbunan plak, yaitu sisa makanan yang menempel di permukaan gigi, yang lama-kelamaan mengeras menjadi karang cara alami menghilangkan karang gigi.

Karang gigi paling sering timbul di daerah gigi depan bawah dan geraham atas kiri dan kanan karena area-area itu berdekatan dengan muara kelenjar air liur. Umumnya menempel pada daerah leher gigi, diawali dengan terbentuknya karang di bagian permukaan dalam gigi, karang gigi lantas menjalar ke bagian depan gigi, bahkan juga bisa meluas pada gigi bagian depan atas.

Salah satu efek samping yang ditimbulkan karang gigi adalah bau mulut karena plak bercampur dengan sisa makanan yang tidak tersapu bersih saat menggosok gigi sehingga terjadilah pembusukan, tulis drg. Mira. Selain itu, penekanan yang terus-menerus akibat karang gigi pada jaringan lunak gusi di sekitar leher gigi juga akan mengakibatkan iritasi dan peradangan. Jika berlangsung lama, maka akan mengakibatkan pembusukan pada jaringan tersebut dan menimbulkan jaringan rusak (granulasi). baca juga penyebab karang gigi

Iritasi karang gigi dapat menyebabkan efek kesehatan, tak hanya terhadap gigi, tetapi juga bagian tubuh yang lain. Iritasi karang gigi di daerah gigi depan bawah biasanya menyebabkan napas besar, napas pendek, sedikit terasa leleah bila naik tangga, atau mudah lelah walaupun bekerja sedikit. Terkadang juga disertai dengan gejala gangguan pencernaan.

Peradangan di area gigi depan atas bisa menimbulkan efek pada daerah mata. Jika area alis dan atas kelopak mata ditekan akan terasa sakit sehingga mata cepat lelah dan pegal. Apalagi jika Anda setiap hari beraktivitas dengan komputer. Sementara jika karang banyak dijumpai di gigi geraham atas, dapat menyebabkan pegal pada daerah leher dan tengkuk, serta pegal pada bahu bila karang pada geraham bawah.

Namun tak perlu khawatir karena karang gigi bisa dihilangkan dengan calculectomy dan curettage oleh dokter gigi. Karang gigi dan granulasi yang dapat mengganggu kesehatan sistemik bagian tubuh lain akan dibuang. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kondisi gigi dalam keadaan bersih, menghilangkan plak smaksimal mungkin, membiasakan diri minum air putih atau berkumur usai mengonsumsi makanan yang mudah melekat, apalagi makanan yang bersifat manis dan tergolong karbohidrat. (SUMBER: Terapi Gusi untuk Kesehatan dan Kecantikan)