Manfaat lidah buaya

Khasiat lidah buaya
Manfaat lidah buaya – lidah buaya (Aloe Vera linn) adalah termasuk jenis tumbuhan dari keluarga liliaceae, jenis tumbuhan yang mampu tumbuh dengan subur didaerah berhawa panas, dan umumnya ditanam oleh masyarakat kita dipot-pot dan diletakkan dipekarangan rumah.
Lidah buaya memiliki batang pendek, dan hampir tidak kelihatan karena tertutup oleh daun yang rapat, dan bahkah untuk beberapa jenis batangnya terbenam ketanah , melalui batang inilah tunas dan selanjutnya menjadi anakan.
Daun lidah buaya berbentuk pita dengan helaian yang memanjang, memiliki daun yang berdaging tebal dan tidak bertulang, memiliki warna hijau abu-abu, serta banyak mengandung air, getah atau lendir. Dan sebagaian getah atau air yang berbentuk gel ini lah yang sering dimanfaatkan sebagai bahan baku obat-obatan.
Buah lidah buaya, berwarna kuning kemerahan, yang keluar dari ketiak daun, memiliki bunga berkuran kecil tersusun dan membentuk tandan dan panjangnya mampu mencapai 1 meter. Bunga lidah buaya akan tumbuh biasanya bila ditanam didaerah pegunungan.
Lidah buaya, merupakan salah satu tanaman herbal, khasiat lidah buaya dibidang kesehatan sangat banyak sekali, yang umumnya masyarakat kita mengenalnya untuk menyuburkan rambut, berikut ini adalah beberapa manfaat lidah buaya untuk mengobati berbagai jenis penyakit, yaitu :
  1. Obat batuk
  2. Ambil daun lidah buaya 15-18 cm, rebus dengan air secukupnya tambah gula lalu minum
  3. Obat Bisul
  4. Ambil daun lidah buaya secukupnya lumatkan, tambahkan sedikit garam dapur, tempelkan pda bagian yang mengalami bisul.
  5. Obat Kencing manis
  6. Ambil 1 batang lidah buaya, cuci sampai bersih buang durinya lalu potong-potong seperlunya lalu rebus dengan 3 gelas air bersih sampai mendidih dan airnya berkurang menjadi 1 ½ gelas. minum air ramuan tersebut 3 x sehari dengan dosis ½ gelas sekali minum sehabis makan.
  7. Menyuburkan rambut
  8. Ambil daun lidah buaya yang masih segar, belah menjadi dua bagian ambil isi bagian dalam yang berbentuk seperti gel atau agar-agar, gunakan gel tersebut untuk mengosok pada bagian rambut yang ingin dirawat
Inilah pembahasan kumpulan kisah nyata kali ini tentang beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang dapat anda praktekkan untuk mengobati berbagai jenis penyakit yang sedang anda derita, semoga pembahasan kali ini tentang manfaat lidah buaya akan menambah pengetahuan kita akan tumbuhan yang bermanfaat.