Manfaat daun pandan wangi bagi kesehatan

Manfaat daun pandan wangi bagi kesehatan - Kumpulan kisah nyata - Daun pandan (Pandanus amaryllifolius Roxb) adalah salah satu jenis daun yang memiliki warna hijau dengan bau khas dan wangi, sehingga ia pun memiliki nama dari sifatnya tersebut yaitu wangi, pandan wangi sudah sangat umum kita dengar khususnya untuk bidang kuliner, karena daun pandan wangi biasanya dimanfaatkan sebagai campuran dalam kuliner, baik itu untuk pewarna alami maupun sebagai pewangi, namun dalam kesempatan ini kita tidak akan membahas manfaat daun pandan wangi untuk kuliner melainkan kita akan mencoba membahas manfaat daun pandan wangi dalam bidang kesehatan. Lihat juga pembasan yang sebelumnya tentang manfaat daun senduduk

manfaat daun pandan bagi kesehatan
Gambar Ilustrasi : Daun pandan wangi

Untuk mendapatkan khasiat daun pandan wangi itu sendiri tentu kita tidak boleh melupakan beberapa hal yaitu proses pengolahannya sehingga bermanfaat untuk kesehatan, pengolahan yang benar dan campuran bahan pendukung lainnya harus selalu diperhatikan karena pengolahan atau pencampurannya yang kurang benar ini tentu hasilnya juga akan kurang maksimal. Baiklah langsung saja mari kita kupas satu persatu tentang manfaat daun pandan wangi bagi kesehatan.

Manfaat daun pandan wangi bagi kesehatan
Berikut ini adalah beberapa manfaat daun pandan wangi bagi kesehatan yang penulis kutip dari manfaatbuahdaun.blogspot.com.
  1. Obat rematik
  2. Rematik merupakan salah satu penyakit yang sudah sering kita dengar, penderitanya biasanya mereka yang sudah tua, rasa sakit pada tulang atau persendian ini juga dapat kita bantu meringankan dengan cara memanfaat daun pandan wangi adapun cara mengolahnya pertama kita siapkan dahulu daun pandan wangi yang masih segar, setelah dicuci bersih potong-potong hingga menjadi beberapa bagian, untuk langkah selanjutnya seduh dengan minyak kelapa yang sebelumnya sudah kita didihkan, setelah dingin gunakan ramuan tersebut untuk mengurut bagian tubuh yang mengalami rematik atau sakit. Lakuakan terapi ini dengan rutin.
  3. Obat pegel linu
  4. Aktivitas pekerjaan yang banyak, dan berat seperti mengangkat beban atau yang lainnya sering membuat tubuh kita menjadi tidak nyaman atau pegel linu, untuk solusi alternatif yang dapat kita ambil adalah dengan memanfaatkan daun pandan wangi sebagai bahan obat alami, adapun caranya yaitu pertama kita siapkan daun pandan wangi segar sebanyak 5 lembar dan daun serai segar 20 lembar. Kedua bahan ramuan tersebut cuci sampai bersih kemudian kita tumbuk sampai halus, untuk langkah selanjutnya tambahkan dengan satu sendok minyak gandapura dan minyak kayu putih masing-masing satu sendok, setelah diaduk dan tercampur rata oleskan ramuan tersebut pada bagian tubuh yang pegel linu atau sakit, sambil dipijat-pijat pelan.
  5. Obat lemah saraf
  6. Masalah saraf yang lemah juga dapat kita bantu pengobatannya dengan memanfaatkan daun pandan wangi, caranya pertama siapkan daun pandan wangi yang masih segar sebanyak 3 lembar, setelah dicuci bersih potong-potong secukupnya baru kemudian rebus dengan tiga gelas air sampai mendidih dan airnya berkurang menjadi dua gelas. Biarkan hingga dingin kemudian saring ambil airnya, minum air ramuan yang sudah kita buah dua kali sehari pagi dan sore, dengan dosis satu gelas sekali minum.
Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang manfaat daun pandan wangi bagi kesehatan semoga pembahasan ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita tentang manfaat bumbuh tumbuhan yang ada disekitar kita.